Kiat-Kiat Ampuh Meningkatkan Ingatan Dalam belajar


Assalammualaikum Wr.Wb 
den-sinyow26.blogspot.com
accelight.wordpress.com


Ingatkah kalian,apa tiga unsur dasar yang terlibat dalam proses mengingat ? Di bawah ini, kita kita akan mengingat nya kembali secara cepat. Agar setiap pembelajaran informasi baru dapat terpatri dalam ingatan, Informasi itu harus :
  • Dikodekan (Direkam)
  • Dirawat atau diperkuat (Disimpan)
  • Diingat kembali melalui asosiasi (memanggil ingatan )
Strategi  keberhasilan di sekolah, yang akan memberi kamu peluang untuk menguasai pembelajaran yang harus dikuasai dan pembelajaran yang diinginkan dengan memanfaatkan waktu secara efisien, tercakup tiga strategi diatas.

Berikut saya  akan membagikan  beberapa kiat-kiat ampuh  meningkatkan yang dapat meningkatkan ingatan dalam belajar.

Buatlah komitmen yang realistis dalam belajar 
Ciptakan jadwal untuk diri kamu sendiri dan ikuti jadwal tersebut hingga menjadi sebuah kebiasaan. Jadi kamu akan terbiasa dengan sendirinya.

Bagi waktu pembelajaran
Bagilah waktu pembelajaran menjadi unit-unit waktu belajar pendek yang diikuti dengan waktu pengendapan di setiap akhir sesi pembelajaran.Hindari kegiatan mempelajari semua materi dalam satu malam (sistem kebut semalam ). Bisa bisa kamu malah pusing nantinya karena terlalu merforsir tenaga untuk berpikir.hehe
Lebih baik belajar dalam tempon 15 menit yang penuh  konsentrasi daripada sesi satu jam yang penuh gangguan.

Perhatikan kondisi
Pastikan kamu dalam kondisi yang baik dalam belajar, jangan posisikan dalam keadaan lapar, lelah atu sakit ,karena hasilnya nanti tidak akan optimal karena kurangnya konsentrasi yang disebabkan oleh kondisi yang kurang baik.

Tempat yang nyaman dan situasi yang mendukung
usahakan belajarlah di ruang atau di tempat yang nyaman dengan situasi yang tenang. Kebanyakan mereka yang belajar dalam situasi ketenangan lebih dapat menyerap apa yang mereka pelajari karena bisa lebih berkonsentrasi. Serta perhatikan juga sebaiknya belajarlah di tempat dengan pencahayaan alami.

Belajar hal baru
Jika kamu belajar tentang suatu hal baru , lakukanlah survei tentang topik yang akan kamu pelajari terlebih dahulu. Jadi kamu bisa melihat bagaimana tiap membentuk sebuah kesatuan.


Lakukan pembelajaran Aktif
Pembelajarn aktif akan membantu kamu  mempertahankan konsentrasi, maka buatlah catatan, uji diri,bertanya, buat teka-teki silang,buat kelompok belajar, dan ditandain dengan poin-poin penting. Tulis dengan kata-katamu sendiri atau buatlah peta pikiran tentang hal-hal yang penting. Belajar melalui observasi pasif akan lebih lambat dan tidak menarik.


Perkuat ingatan
Untuk memperkuat ingatan kamu tentang materi pelajaran, tanyakan pada dirimu sendiri bagaimana materi  tersebut berkaitan dengan materi pembelajaran terdahulu , cari hubungan dengan informasi yang telah kamu kuasai sebelumnya.

Itu tadi seputar postingan tentang Kiat-Kiat Ampuh Meningkatkan Ingatan Dalam belajar semoga dapat bermanfaat bagi  semuanya.

Amien.

Kiranya hanya itu yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini, oenulis juga mohon maaf apabila terjadi kesalahan dalam penulisan dan lainya.
Terima kasihh sudah berkunjung pada blog ini.

boleh dibagikan kok :D ditunggu komentarnya.

Wassalammualaikum Wr.Wb







    Related Posts:

    2 Responses to "Kiat-Kiat Ampuh Meningkatkan Ingatan Dalam belajar"

    1. Replies
      1. terima kasih sudah berkunjung kawan....kamu yang pertama lo..hehe

        Delete